Blogger news

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Teks Iklan

ADSENSE HERE!


Pengertian Teks Iklan Dan Fungsinya

Pengertian teks iklan adalah sebuah media komunikasi yang kita buat untuk menyampaikan informasi, mengingatkan ataupun mengajak pembaca untuk memakai atau membeli produk yang kita tawarkan. Melalui media ini, apa yang disampaikan bisa langsung dimengerti oleh setiap pembaca, tanpa harus kita perjelas dengan kata-kata.

Fungsi teks iklan 

  • Sebagai persuasi = (Mengajak), Dalam hal mengajak, biasanya tidak harus langsung mengajak pembaca untuk langsung membeli. Tapi bisa dengan cara yang lebih sederhana. Istilahnya Soft Selling
  • Sebagai Informasi = (Penyampaian Infoermasi Produk), Apakah ada produk baru atau kualitas yang baru atau mungkin fitur yang baru dari produk yang kita jual
  • Sebagai Pengingat = (Mengingatkan konsumen untuk memakai produk yang ditawarkan)
Jadi kalau kita sudah mengerti apa tujuan iklan, maka kita dengan mudah sekali menuliskan iklan apa yang hendak kita buat.

Struktur Teks Iklan

Lalu bagaimana sebenarnya struktur teks iklan yang baik? Kalau dikatakan yang baik, muengkin bisa banyak yah maksudnya, dan ini tidak bisa di standardkan. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Tapi kita mau belajar tentang GARIS BESAR pembuatan teks iklan yang baik.
  1. Judul : Walaupun tidak semua iklan menggunakan judul, tapi banyak juga penggunaan iklan yang memakai judul. Semua tergantung teknik dan cara penyampaianya. Nanti akan kita lihat beberap contoh penggunaan teks iklan tanpa judul dan menggunakan judul
  2. Nama Produk :Bahkan beberapa iklan terkadang tidak langsung menampilkan nama produk mereka. Ada yang menampilkan nama produknya kecil saja, tapi PERSUASI dari gambar yang dibuat mampu mengarahkan kita untuk mencari nama produk pada iklan tersebut.
  3. Penjelasan Produk :untuk bagian penjelasan produk biasanya tidak terlalu panjang. Jika terlalu panjang maka pembaca akan bosan membaca iklan anda.
  4. Desain : Mungkin bagian ini tidak termasuk bagian strukturnya tapi termasuk kedalam elemen penting dalam sebuah struktur teks iklan yang baik.
Keempat struktur teks iklan di atas sangat penting keberadaanya dalam sebuah teks iklan yang baik. Tapi selain itu ada juga ciri yang penting ktia pahami dalam sebuah bahasa teks iklan. Jadi tidak semua kalimat bisa kita masukkan. Apa saja ciri teks kebahasaan iklan :

#1. Kalimat Persuasif

Maksudnya adalah meyakinkan pembaca dan membujuk agar menggunakan produk yang kita tawarkan melalui iklan tersebut. Biasanya kata-kata yang mengandung persuasif yaitu “Segera dapatkan”; “murah dan cepat”; “murah tapi kualitas terjadmin”

#2. menggunakan Slogan

Gampangnya ini sebuah gabungan kata atau frasa yang maknanya jelas dan mudah dimengerti orang banyakMaksudnya sebuah frasa yang langsung mudah menancap di otak orang. Misalnya seperti ini : “Buanglah sampah pada tempatnya”; “Kekayaan tak ada artinya jika tidak sehat”; “Jenius itu 1% inspirasi dan 99% keringat” dan masih banyak lagi.

Contoh Teks Iklan




ADSENSE HERE!

2 comments:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

Copyright © Useful Blog. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design