Blogger news

Bagaimana Islam Mempercepat Proses Integrasi Bangsa Indonesia

ADSENSE HERE!
Proses integrasi itu dimulai dengan pertemuan. Pertemuan seperti apa? Mari kembali ke Jaringan perdagangan yang dilakukan oleh para pedagang zaman dahulu. Perdagangan terjadi karena adanya kebutuhan. Kebutuhan manusia yang semakin komples dan kelebihan produksi dari pihak satulah yang memicu hubungan  perdagangan. Setelah para pedagang memulai pelayaran, beberapa dari mereka berlabuh di Nisantara. Mereka yang baru berlabuh di pantai-pantai itu kemudian melihat-lihat sekitar. Setelah merasa aman dan nyaman, mereka memutuskan untuk menetap dan mulai berinteraksi dengan penduduk pribumi.Kemudian mereka membentuk sebuah komunitas yang berkembang menjadi pemerintahan kecil yang selanjutnya ber-evolusi menjadi kerajaan-kerajaan kecil. Lambat laun, pelabuhan tersebut menjadi ramai dan kerajaan kecil tadi berkembang menjadi kerajaan besar.Pelabuhan yang ramai tersebut kemudian di datangi para pedagang yang beragama islam. Mereka berdagang sembari menyebarkan agama islam.Integrasi semakin cepat pada saat islam masuk salah satu faktornya karena ajaran islam yakni Sesama islam adalah saudara. Kemudian mereka membentuk suatu kerajaan yang kemudian berkembang. Mereka selanjutnya mendirikan masjid-masjid yang kemudian dijadikan pusat pendidikan (dengan mendirikan pondok pesantren). Selanjutnya ponpes tersebut menjadi terkenal dan mempunyai murid dari berbagai daerah di Nusantara yang setelah selesai belajar akan kembali ke daerah masing-masing dan menyebarkan agamanya.

karena strategi para wali songo dalam menyebarkan agama islam di indonesia sangat baik, yaitu dakwah dengan menggunakan cara sesuai seperti adat setempat contohnya wayang. selain itu :
1. syarat masuk agama islam sangat mudah
2. dalam islam tidak mengenal sistem kasta
3. disebarkan secara damai
4. aturan2 dalam islam fleksibel dan tidak memaksa
5. dll.
ADSENSE HERE!

2 comments:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

Copyright © Useful Blog. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design